Beberapa Penyebab Laptop Lemot Saat Main Game

Penyebab Laptop Lemot Saat Main GameBeberapa Penyebab Laptop Lemot Saat Main Game, Anda pernah mengalami ketika bermain game tiba-tiba frame-rate drop, padahal spesifikasi PC Desktop atau Laptop Anda sudah mumpuni untuk memain game tersebut. Bahkan kadang-kadang juga sering mengalami frezee yakni tidak bisa bergerak sama sekali, ketika bermain game.

Pastinya hal tersebut sangat mengganggu, yang akhirnya mood bermain game menjadi hilang. Ada banyak faktor yang membuat komputer sering freeze atau frame drop turun.

Disini kami akan sedikit berbagi pengalaman tentang penyebab komputer sering ngefreeze saat bermain game.

1. Hardware Panas

Jangan biarkan hardware PC Desktop atau Laptop Anda dibiarkan panas, karena bisa menyebabkan beberapa efek yang didapatkan, misalnya hardware menjadi gampang rusak dan performa pun akan menurun. Bagi sebagian orang ada yang pernah mendengar “Thermal Throttling” istilah tersebut ditujukan pada hardware yang ketika sudah mencapai batas dalam menerima panas.

Maka dari itu, pastikan suhu komponen komputer yang Anda miliki tetap terjaga, entah itu Processor, VGA Card, dan Motherboard. Untuk mengetahui suhu komponen, Anda bisa memasang aplikasi MSI Afterburner, pada aplikasi tersebut akan memperlihatkan kondisi suhu dan juga performa komputer itu, sendiri.

Solusinya, untuk Laptop Anda bisa menambahkan cooler tambahan, kemudian untuj PC Desktop Anda bisa mengganti Heatsink Fan (HSF) dengan yang bagus, serta pastikan sirkulasi udara didalamnya diperhatikan karena hal tersebut bisa jadi pengaruh.

2. Hardisk Lambat atau Mulai Rusak

Untuk menyimpan file adalah fungsi hardisk, tetapi setiap hardisk juga memiliki kecepatan dalam memproses sebuah file, kemudian hardisk juga memiliki spesifikasi masing-masing, misalnya ada hardisk yang berkecepatan 5400 RPM dan ada juga yang 7200 RPM pastinya saat transfer file atau mengolah file akan terasa berbeda kecepatannya.

Lalu apa hubungannya dengan game? setiap membuka game pastinya peran hardisk sangat berpengaruh, karena hardisk akan mengolah data dari game tersebut. Contohnya setiap game pastinya ada sesi “Loading” nah itu salah satu peran Hardisk akan bekerja, kemudian pada saat didalam permainan ada scene yang membutuhkan pengolahan data.

Kemudian hardisk yang mulai rusak atau mengalami gejala bad sector, jika hal tersebut terjadi jangankan bermain game membuka aplikasi lainnya juga akan terasa lambat dan ngefreeze tak bisa dihindari lagi. Untuk solusi masalah ini saran kami, mending menggantinya.

3. Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Belakang

Adajuga masalah performa menurun dan terasa berat, disebabkan aplikasi yang berjalan dibelakang layar, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memeriksanya di Task Manager, Sekiranya ada aplikasi yang tidak terpakai kami sarankan untuk menghentikan dulu aplikasi tersebut. Caranya pada Task Manager cari aplikasi yang tak terpakai kemudian klik kanan dan pilih End Task

4. Daya Tidak Stabil

Daya memberi aliran listrik kepada semua komponen, agar bisa berjalan. Namun agar berjalan dengan lancar pastinya harus stabil, tidak terlalu tinggi dan rendah, Jika terlalu rendah komputer Anda untuk menyala saja akan susah atau bila terlalu tinggi komponen akan rusak karena panas dan akhirnya mengeluarkan asap, nah untuk daya yang tak stabil, performa pun bisa mengalami freeze, hang dan bahkan Blue Screen (BSOD).

Cek daya listrik dirumah Anda, atau periksa juga kondisi Power Supply (PSU).

5. Spesifikasi Tidak Mumpuni

Terakhir hal terpenting adalah syarat spesifikasi minimum pada game tersebut sudah terpenuhi oleh komputer yang Anda miliki, karna jika tidak sudah dipastikan gameplay tidak akan mulus dan akan mendapati Lag, Freeze bahkan Force Close.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *