Cara Cek Garansi Xiaomi Indonesia Asli Atau Tidak

Cek Garansi Xiaomi Indonesia Cara Cek Garansi Xiaomi Indonesia Asli Atau Tidak, Perlu Anda ketahui mitra resmi Xiaomi adalah PT Erajaya Swasembada Tbk. (“Erajaya”) dan untuk mengelola distribusi smartphone saat ini adalah PT Teletama Artha Mandiri (“TAM”) yakni anak buah perusahaan dari Erajaya.

Karena saat ini Xiaomi mulai hadir secara resmi di Indonesia, dan telah mengikuti aturan negara yaitu Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yang kemudian bekerja sama dengan Erajaya.

Biasanya pada dusbox ponsel Xiaomi yang resmi tersedia stiker TAM, Jika selain dari itu berarti produk tersebut bukan garansi resmi yang dipegang oleh TAM sebagai distributor resmi Xiaomi, melainkan garansi dari distributor independen atau biasa kita kenal garansi distributor. Tetapi untuk melihat keaslian bahwa produk tersebut memiliki garansi resmi, kita tidak bisa melihat dari stiker pada dusbox, karena hal tersebut bisa saja dipalsukan.

Untuk memastikannya ada beberapa cara.

1. Tanya langsung

Pertama Anda bisa tanya langsung ke kantor service center Xiaomi yang tersebar di Indonesia. Sebelum berangkat ke kantor siapkan:

  • Unit ponsel beserta dusboxnya, agar bisa dilihat IMEI dan Serial Number nya
  • Invoice pembelian.

2. Cek Melalui Webiste

Untuk cek di website sepertinya saat ini belum sempurna, tetapi kita bisa melihat bahwa produk Xiaomi yang kita miliki adalah resmi, pada kesempatan kali ini kami akan coba mengecek garansi Xiaomi Redmi 5A Warna Gold.

  1. Kunjungi laman resmi Xiaomi buy.mi.com/id/registration
  2. Masukan Imei, cara mengetahui cek pada dusbox bagian belakang atau langsung melalui smartphone dengan mengetik dial *#06#
  3. Setelah itu klik Lanjutkan
  4. Pada laman ini kita bisa melihat keterangan, dengan bertuliskan Mandarin (C3B-ID CMCU 印尼Erajaya版 (1.4G 2G 16G 金色) Jika di terjemahkan (C3B-ID CMCU Edisi Erajaya Indonesia (1.4G 2G 16G Gold)) dan juga disana tertulis negara pembelian dari Indonesia.

Bisa menarik kesimpulan bahwa smartphone Xiaomi diatas adalah resmi, serta pada situs tersebut tertulis Erajaya yang kita ketahui adalah mitra resmi Xiaomi dan benar bahwa membelinya di Indonesia.

Update screen shot, mungkin sudah diperbaiki sistemnya pada situs Mi.com, soalnya setelah saya cek lagi dengan imei yang sama, disini tertulis bisa didaftarkan untuk mendapat garansi tambahan, karena produk yang saya miliki adalah resmi.

3. Cek Pada Dusbox

Cara mudah melihat perbedaan resmi apa tidak, bisa cek Dus Box bagian belakang, disana akan tertulis tempat produksi dan untuk siapa dikirim,

Untuk saat ini ponsel Xiaomi yang resmi hanya di produksi oleh PT. SAT NUSAPERSADA Tbk. yang berlokasi di Jl. Pelita VI. No. 99 Batam, Kepulauan Riau, Indonesia.

Untuk dikirim ke PT. ERAJAYA SWASEMBADA Tbk.

4. Cek Melalui Situs Sertifikasi Ditjen SDPPI

Baru-baru ini pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan informasi tentang bagaimana cara membedakan ponsel ilegal dan legal,caranya mudah.

  1. Kunjungi laman sertifikasi.postel.go.id/index.php?/sertifikat
  2. Kemudian masukan nomor sertifikasi, Contoh (12345/SDPPI/2017) nomor tersebut berada pada dusbox smartphone.
  3. Jika resmi dari TAM, pada kolom customer akan tecantum ERAJAYA SWASEMBADA, Tbk., PT.

5. Cek Imei Melalui Situs Kemenperin

Setelah Ditjen SDPPI di umumkan beberapa waktu lalu, sekarang Kementerian Perindustrian (Kemenperin) baru saja mengumumkan halaman yang dimana Anda bisa memeriksa bahwa smartphone Anda resmi atau tidak, menggunakan International Mobile Equipment Identity (Imei).

  1. Untuk mengetahui Imei, caranya dial *#06#
  2. Kunjungi halaman http://kemenperin.go.id/imei
  3. Masukan Imei smartphone Anda kemudian, klik tombol Simpan

Selain itu pada dusbox bagian belakang tertulis smartphone Xiaomi ini diproduksi di Indonesia. Namun jika ingin lebih pasti bisa langsung ke Service Center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *